02 Juni 2009

Correction, Corrective & Preventive Action

Sering orang salah kaprah atau salah persepsi dengan kata-kata continuous improvement (perbaikan berkesinambungan) dan preventive action (tindakan pencegahan)

Dalam ISO 9000:2005 ataupun ISO 9001:2008 tidak ada kata continuous, yang ada adalah kata continual. Secara filosofis cukup besar bedanya. Kata continuous berarti terus melakukan perbaikan, terkesan tidak ada waktu review, pokoknya terus perbaikan. Kalau digambar seperti mainan peluncur anak kecil, meluncur tanpa henti.

Sedangkan continual perbaikan yang bertahap (step by step), jadi ada waktu untuk review agar perbaikan yang dilakukan efektif. Kalau digambar seperti tangga, ada waktunya berhenti untuk mengevaluasi ke belakang dan melihat ke depan.

Juga kata correction (koreksi), corrective action (tindakan koreksi), preventive action (tindakan pencegahan), sangat besar bedanya.

Sedikit penjelasan sbb :
Koreksi adalah menghilangkan masalahnya dan tidak perlu tahu akar penyebabnya. Misal produk defect, langsung dihancurkan atau direinspeksi 100%.
Tindakan koreksi adalah menghilangkan akar penyebabnya agar masalahnya tidak terulang lagi. Istilah ini, orang sering salah menyebut dengan tindakan pencegahan.

Padahal tindakan pencegahan adalah menghilangkan potensi akar penyebab masalah, dan masalahnya belum terjadi / ada. Misal, belum ada defect (cacat) tapi kita melihat dari data SPC ada trend datanya menjelek (trend turun). Maka sebelum menjadi merah, kita selidiki potensi penyebabnya untuk mencari solusinya.

Jadi hati-hati dengan kata-kata : continuous improvement dan preventive action, semoga tidak salah kaprah lagi.

Juni - 2009

2 komentar: