13 Juni 2009

Bedah Buku 2 : Jadi karyawan kaya (I)




Safir Senduk dikenal sebagai perencana keuangan yang tangguh. Buku yang aslinya berjudul “siapa bilang jadi karyawan nggak bisa kaya ?” ini, cukup memberikan wacana dan pegangan untuk anda yang karyawan, untuk menjadi lebih kaya.

Di awal buku dijelaskan bedanya “penghasilan tinggi” dan “kaya”. Banyak orang yang berpenghasilan tinggi, karena kurang pintar mengelola uang, maka tidak juga menjadi kaya. Tapi orang yang berpenghasilan terbatas bisa hidup kaya dan makmur karena piawai mengelola dalam uang. Makanya ada orang yang kedudukannya tinggi , tapi tidak bisa kaya-kaya, karena penghasilan setinggi berapapun selalu habis.

Terus bagaimana dong caranya karyawan bisa menjadi kaya ?

Ada 3 paradigma yang perlu dimengerti oleh seorang karyawan, yaitu :
1. Berapapun gaji anda tidak akan menjamin anda bisa menumpuk kekayaan. Kalau gaji anda 1 juta misalnya, lalu dinaikkan menjadi 5 juta, apakah kekayaan bisa didapat ? belum tentu.
2. Jangan selalu menjadikan kondisi di rumah (hutang, boros, anak, dll), sebagai alasan untuk minta kenaikkan gaji. Perusahaan hanya member gaji anda sesuai job. Desc. ,bukan karena kondisi di rumah.
3. Menjadi kaya tergantung 100% pada apa yang anda lakukan terhadap keuangan anda, tidak selalu tergantung pada apa yang diberikan perusahaan.
Rahasianya sebetulnya adalah memaksimalkan penghasilan anda hingga bisa menjadi asset. Dengan menyisihkan sebagian penghasilan anda, berapapun jumlahnya.

Ada 3 trik untuk bisa menyisihkan penghasilan :
- Menabunglah dimuka jangan di belakang (bukan kalau ada sisa dari gajian lalu ditabung)
- Minta tolong kantor untuk otomatis memotongnya untuk anda (tabungan otomatis)
- Pakai celengan, tentunya dengan trik tertentu, misal, setiap ada 20rban langsung dimasukkan

Tulisan berikutnya akan menjelaskan 5 kiat mengelola uang agar karyawan bisa kaya.

(bersambung)
Juni - 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar