27 Juli 2009

Cara naik gaji tiga kali

Cara karyawan bisa naik gaji tiga kali dalam setahun
(Tung Desem Waringin dalam buku Financial Revolution)

1. Membuat nilai tambah

- Bisa dipercaya, adalah fondasi yang paling mendasar dari seluruh bidang kehidupan. Kalau anda pemilik perusahan membutuhkan orang yang akan diberi tanggung jawab yang besar, sudah pasti syarat utama dan pertama adalah dapat dipercaya.

- Menghasilkan lebih dari yang kita terima, lebih dari karyawan yang lainnya yaitu memberikan kinerja lebih hebat dari karyawan rata-rata. Kalau kita digaji 100 dan memberikan juga 100 maka layak kita pas dan layak untuk tidak naik gaji. Prinsip 1-3-5 berarti 1 karyawan digaji 3 kali lipat dari rata-rata yang lain karena mempunya 5 kali lipat produktivitas dari rata-rata.

- Prinsip nilai tambah, jujur adalah nilai tambah tapi kalau semua jujur maka jujur bukan nilai tambah tapi nilai standard (yang seharusnya) maka tidak jujur adalah dibawah standar. Mencapai target adalah nilai tambah, tapi kalau semua bisa mencapai 100%, maka 100% adalah standar maka dibawah 100% dibawah standar. Disiplin dan kreatif asalah nilai tambah, tapi kalau semua kreatif dan disiplin maka kreatif dan disiplin adalah standar, tidak kreatif dan disiplin adalah tidak standar. Tepat waktu adalah nilai tambah, tapi kalau semua tepat waktu maka tepat waktu adalah standar, maka tidak tepat waktu adalah tidak standar.

- Jurus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), semua karyawan lain, departemen lain, perusahan lain, keluarga lain, anak orang lain, orang tua lain yang lebih sukses teliti bagaimana bisa meniru apa-apa yang menjadi keunggulan atau kelebihannya. Tidak harus persis, bisa dimodifkasi agar sesuai dengan watak dan kepribadian kita.

- Inisiatif, untuk menyelesaikan masalah serumit dan sekompleks apapun kuncinya adalah inisiatif dan kreativitas. Hindari untuk menyalahkan orang lain, atasan ,bawahan, situasi, prosedur, tapi tunjukkan inisiatif untuk menyesaikan masalah tersebut secara lebih kreatif. Jangan lakukan BEJ (Blame, Excuse, Justify) tapi berinisiatiflah.

- Berperilaku menyenangkan, jaga penampilan, kedisplinan, kesopanan, omong baik di depan & di belakang. Omong jelek di belakang sama sekali tidak menyenangkan.

2. Bisa mengkomunikasikan prestasinya kepada orang yang tepat

- Bila sudah mempunyai nilai tambah perlu dikomunikasikan. Bila sudah punya nilai tambah tapi tidak dikomunikasikan akan tetap bisa naik gaji tapi waktunya lebih lama.

- Komunikasikan kepada orang yang tepat, atasan atau pemilik perusahaan. Kalau tidak tepat orangnya hanya akan mendapat pujian bukan promosi atau kenaikan gaji.

3. Mencapai prestasi itu berkali-kali

- Kita akan dipromosikan bilsa mencapai prestasi berkali-kali (mungkin bisa juga di perusahaan yang lain).

- Bila kita sudah membuktikan dan mengkomunikasikan kepada atasan sendiri atau perusahan bisa saja tetap tenang-tenang saja (bisa jadi alasan keuangan dsb), akan sebaliknya bila banyak orang dari perusahan lain atau atasan perusahaan lain mengetahui nilai tambah kita, kita akan banyak menerima tawaran kenaikan gaji dan promosi dari luar.

- Biarkan atasan kita tahu bahwa kita jadi rebutan. Prinsip : kalau kita mau menjual maka yang membeli minimal ada dua, kalau kita mau membeli maka yang menjual harus ada dua.

4. Dengan cara yang tepat

- Isinya tepat, sarananya tepat, waktu dan tempatnya tepat.

- Isi tepat : “menurut pengalaman bapak.., bila kita melakukan..(isi sendiri..)..mungkinkah kita menjadi .....(isi sendiri tujuan anda).

- Bila tidak setuju atasan, gunakan pihak ketiga. “Menurut pengalaman bapak, misalnya ada customer yang keberatan akan...(isi sendiri keberatan anda)..kita sebaiknya harus bagaimana ?

- Mengkomunikasikan nilai tambah anda. “Selamat Pak, berkat bapak bulan ini kita telah mencapai...(isi seindiri prestasi yang sudah anda capai)

- Sarana yang tepat : bertemu langsung, telpon, email atau ikut perkumpulna / asosiasi sehingga nilai tambah anda diketahui orang banyak.

- Waktu dan tempat yang tepat : lihat waktu mood atasan atau orang lain sedang baik. Bagaimana cara tahunya, tanyakan orang yang lebih tahu.

Selamat menerima gaji tiga kali lipa !!!

Juli - 2009

2 komentar:

  1. Thanks infonya. Ngomongin gaji, pernah kepikiran ga sih kalo udah naik gaji gitu kita harus ngapain lagi?
    Ada referensi nih buat temen-temen supaya kenaikan gajinya ga sia2..
    agar kenaikan gaji tak sia sia

    BalasHapus